Home » , » Menggerakkan Cinta Seni dan Budaya

Menggerakkan Cinta Seni dan Budaya

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 29 Agustus 2014 | 22.23

Menggerakkan Cinta Seni dan Budaya Melalui Forum Komunikasi Wartawan Tangerang


Kab. Tangerang, Awdionline.com
Masa depan negeri ini ada di pundak  generasi muda  . Mereka adalah generasi pewaris zaman yang bakal meneruskan keberlanjutan bangsa ini. Karena itu generasi muda harus mendapatkan pemahaman yang benar mengenai apa dan bagaimana kebudayaan Indonesia agar semakin mencintai bangsanya. Mereka perlu diberi bekal yang benar dan cukup untuk menghadapi westernisasi dan globalisasi yang bisa melindas kebudayaan negeri sendiri.  Bahwa biasanya urusan kebudayaan bukan hanya menjadi tanggung jawab kalangan budayawan dan intelektual belaka, tetapi justru para pemuda itulah yang harus mendapatkan kesempatan dan berperan aktif untuk ikut serta mengawal perjalanan masa depan Indonesia.
Salah satu implementasi semangat tersebut di atas terwujud dalam sebuah wadah yang bernama “ Forum Komunikasi Wartawan Tangerang , disingkat  FKWT “ .  FKWT adalah sebuah forum wartawan tangerang dan seniman muda dan tua di Kabupaten Tangerang -Banten , yang memiliki minat tinggi belajar mengembangkan perpaduan seni dan budaya , tujuan dapat memberikan kontribusi bagi bangsa ini. Mereka bukan hanya pasif , namun ikut bergerak dalam aktivitas cinta budaya dan kebangsaan.
Melalui “ FKWT “ yang terdiri dari berbagai bidang , diantara seni dan budaya, kemanusian , social , pendidikan .Diantaranya bidang seni dan budaya  yang berada di dalam forum ini , mereka belajar mengenal dengan baik persoalan budaya dan kebangsaan ini secara lebih kongkrit, bukan hanya belajar dari buku. Mereka juga menggerakkan anak-anak muda lain dan masyarakat umum untuk membangkitkan semangat cinta kepahlawanan dan kebudayaan melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif. Mereka memiliki pandangan tersendiri bagaimana memahami, menyelamatkan dan mengantarkan kebudayaan bangsa ini menjadi lebih baik di masa mendatang. Suara mereka harus didengarkan dan dipertimbangkan, karena merekalah yang sesungguhnya menjadi pelaku aktif sekaligus bakal menanggung akibatnya terhadap wujud kebudayaan bangsa ini di masa mendatang. “ FKWT “  hanya ada di  Kabupaten Tangerang , dan bukan tidak mungkin akan menjadi percontohan untuk memperluas jaringan yang serupa di Indonesia.

PENDAHULUAN
Forum Komunikasi Wartawan Tangerang (FKWT)  adalah wadah anak-anak muda dan pencita seni dan budaya  di Kabupaten Tangerang. Meski bukan sebuah organisasi formal, namun jejaring diantara mereka dilakukan sedemikian rupa dalam berbagai kegiatan yang dikoordinasi oleh Dinas Pemuda , Olahraga, Budayadan Pariwisata Kabupaten Tangerang . Sarana komunikasi diantara mereka, sampai saat ini, hanyalah melakukan pagelaran seni dan budaya dipelosok desa atau kampong . Disamping itu, Pendiri dan Pencinta Seni di Kabupaten Tangerang ini  bertemu dalam beberapa kali pertemuan yang difasilitasi oleh “ FKWT “ & Disporbudpar Kabupaten Tangerang .

Keanggotaan  di Kabupaten Tangerang , yang dikoordinasi lagi di 4 (empat) Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Tangerang , Proses rekrutmen anggota pada awalnya dimulai dari pertemuan bagi pecinta seni dan budaya yang ada di Tangerang serta  Disporbudpar Kabupaten Tangerang .

PERJALANAN MENUJU KPK
Pada mulanya KPK terbentuk dari pengembangan aktivitas peringatan Hari “ Kemerdekaan RI ke 69. Tema peringatan tersebut adalah  mempersatukan keragaman seni dan budaya yang hetorogen di Kabupaaten Tangerang ini .FKWT  adalah sebuah gabungan pemuda, pelajar dan aktivitas kesenian yang bergerak dibidang kerja sosial dan relawan dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan kepahlawan guna menguatkan karakter generasi Indonesia yang berkepribadian luhur.Pendiri  diantaranya Hardiansyah ( Koran Sinar Pagi ) , Angga MC ( Harapan Rakyat ) , Anto ( Pendiri Lenong Tolay ) dan lain-lainya, yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu .
Hardiansyah selaku Kordinator Umum / Ketum FKWT menuturkan bahwa Meskipun kegiatan ini “hanya” suatu seremonial memperingati Hari Kemerdekaan RI , namun satu hal yang penting dalam hal ini adalah bagaimana memaknai peringatan Hari Kemerdekaan RI  dengan pendekatan sebagai “gerakan kebudayaan” dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan Nilai-Nilai Kepahlawanan dan Kebangsaan. Hal ini antara lain kemudian diterjemahkan dalam beberapa program misalnya: Tarian Debus , Lenong Tolay , Pencak Silat , dsb .Forum ini berdiri sejak tanggal : 24 Juni 2014 , beranggotakan dari 12 media cetak harian dan online serta puluhan media mingguan investigasi. Visi dan Misi FKWT ini adalah :Mempersatukan masyarakat, pewarta beserta pemerintah serta menjalankan berbagai bidang yang berada di forum ini untuk digali dan dijadikan potensi di Kabupaten Tangerang ini. Diantara Bidang Seni dan Budaya ini, dengan menghadirkan bagi pendiri dan pencinta seni dan budaya di tangerang ini.
Menyimak berbagai komentar  pecinta dan pendiri seni dan budaya di Kabupaten Tangerang ini tentang  pemahaman kebudayaan, terlihat sekali bahwa mereka memiliki semangat cinta kebudayaan negeri sendiri namun tidak tahu persis apa yang harus mereka lakukan. Terkait dengan hal ini maka ke depan barangkali perlu dipertimbangkan bahwa setiap anggota “ FKWT “  diwajibkan memilih salah satu jenis kesenian yang disukai. Tidak harus menjadi pelaku aktif, namun bisa juga sebagai pengamat dengan cara menuliskan opininya mengenai kesenian yang disukainya. Tuturnya Kordinator Umum / Ketum FKWT di kediamannya , Kamis Sore (28/08)
(DIE 007 & ALEX)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger