Home » » PERGURUAN PENCAK SILAT “PANDAWA”

PERGURUAN PENCAK SILAT “PANDAWA”

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 20 Februari 2015 | 20.57

PERGURUAN PENCAK SILAT “PANDAWA”

Anggota PPS Pandawa Suwaru Gondanglegi Malang
Gresik, awdionline.com - Di zaman modern ini yang namanya tradisi budaya asli daerah mulai surut keberadaannya, hal ini karena generasi muda lebih melirik pada budaya asing yang masuk  di negara kita dinilai lebih aktraktif dan glemaur.  Dengan demikian menjadikan tanggung jawab para pendidik dan para pembina budaya tuk mengarahkan para muda penerus bangsa kembali menyintai seni budaya  asli Indonesia. Seperti keterangan tiga serangkai orang yang mempelajari seni bela diri pencak silat PANDAWA berasal dari Sukun Malang yang salah satunya hijrah ke driyorejo gresik, bahwa seni bela diri pencak silat ini mempunyai nilai nilai tinggi dalam hidup dan kehidupan manusia di peradapan sekarang ini.

Seni bela diri ini di ajarkan pada para muridnya berupa jurus dan pernafasan, dimana jurus  membentuk jiwa yang sehat  dan karakter jiwa yang jujur dan lurus maka dinamakan jurus. Adapun jurus jurus dasar yang diajarkan  yaitu gocet, cimande, dan tantungan leuleus, menjadi jurus pokok  yang diajarkan PPS PANDAWA sampai saat kini.

Perguruan pencak silat PANDAWA ini dipimpin oleh abah abad dengan anak murid abah kanta, abah salnan, achdi subadi, lili, wachdi, aceng, udin, oo taryo, endo, umar, suwarna, djoyo sukirman, dll. Tahun 1935 telah nuncul gagasan untuk memberi nama perguruan tersebut  PPS PANDAWA yang bertopang pada 5 kader perguruan waktu itu yang di prakarsai oleh abah salnan,achdi subadi,kanta,aceng dan udin. Pada perkembangan berikutnya masih di tahun 1935 untuk menghindari kultus individu maka orientasi nama PANDAWA bukan pada 5 orang tokoh sesepuh kader waktu itu,tapi lebih diarahkan kepada pembinaan dan pembentukan manusia yang berhati bersih,sehat jasmani dan rohani, sehingga nama PANDAWA diartikan sebagai singkatan " PAMILI ANU NUNGTUT DI ALAJAR WALAGRI ATI ".Hal  ini diprakarsai oleh abah salnan,achdi subadi, umar suwarna, oo taryo dan endo.

Ini adalah salah satu budaya seni bela diri yang patut dibanggakan, budaya asli Indonesia salah satunya berasal dari Tasikmalaya Jawa Barat. Seandainya generasi muda  bangsa mau mempelajari dan mendalami budaya ini maka dijamin gererasi pengganti pimpinan bangsa akan bisa mengayomi masyarakat bangsa karena disana diajarkan sifat kesatria jujur dan lurus suci hati. Pada dasarnya murid peserta didik diajarkan jurus jurus dan pernafasan, dan untuk mengukur tingkat keberadaannya peserta didik di arahkan tuk membantu sesamanya setinggkat keilmuannya, bukan diarahkan tuk mencari lawan tuk mengukur ilmunya. Tetapi jiwa kesatria tetap kita pegang seperti kucing ada lawan lari mengindar tapi pada saat terpepet dibutuhkan pembelaan diri walaupun harimau kita hadapi.

PANDAWA (Pamili Anu Nungtut Di Alajar Walagri Ati) yang  berarti keluarga yang diajarkan waras ati / suci hati. Jadi lengkap sudah disamping sehat jasmani diajarkan jurus khas pandawa serta pernafasannya ,juga tuntunan anak didik diajarkan waras ati, maka sempurnalah generasi muda  yang mau mempelajari budaya warisan leluhur kita ini. (suwaru, pagelaran Mlg)  (Bbh)
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

31 Maret 2016 06.37

Saya ingin belajar pandawa, saya sekarang berkuliah di malang. Sya berusia 20 tahun. Apa saya masih bisa belajar? Apa di malang masih ada perguruannya? Terimakasih..

31 Maret 2016 06.38

Saya ingin belajar pandawa, saya sekarang berkuliah di malang. Sya berusia 20 tahun. Apa saya masih bisa belajar? Apa di malang masih ada perguruannya? Terimakasih..

8 Februari 2017 22.37

masih ada mbak..

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger