Home » , » Potensi Wisata Belum Tergarap Optimal Untuk Peningkatan PAD

Potensi Wisata Belum Tergarap Optimal Untuk Peningkatan PAD

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Minggu, 03 Januari 2016 | 11.01

Potensi Wisata Belum Tergarap Optimal Untuk Peningkatan PAD

Trenggalek, Awdionline.com - Trenggalek sebagai kota Kabupaten diujung selatan Jawa Timur yang banyak orang menyebutnya kota Kripik Tempe dan Gaplek, mempunyai potensi alam yang tidak kalah dengan Kabupaten lainnya dijawa timur dan apabila digarap secara maksimal dan frofesional dengan komitmen yang tinggi maka tidak mungkin akan menambah Pendapatan Asli Daerah yang tidak kecil.
Seperti pantauan wartawan dilokasi wisata Gua Lowo minggu 3/1, karena berbarengan dengan tahun baru dan libur besar anak sekolah, lokasi wisata yang terletak diwatuagung watulimo tersebut sangat ramai oleh pengunjung. Namun yang membuat prihatin dan kecewa pengunjung adalah pengembangan sarana dan prasarana pendukung pengembangan lokasi wisata terkesan monoton dan stagnan. Dari tahun kemarin sampai sekarang fasilitasnya hanya itu itu saja tanpa adanya perubahan, terang slamet warga trenggalek yang saat ini tinggal dinganjuk yang tiap tahun dipastikan dia dan keluarganya berkunjung kegua tersebut untuk melepas kangen.
Potensi alam yang ada diwatulimo dan potensi lainnya yang tersebar dipenjuru kota kecamatan, merupakan anugerah Illahi yang harus diberdayakan secara maksimal oleh pemerintah daerah sebagai pengelola. Agar dengan adanya potensi tersebut dapat ditingkatkan PAD-nya untuk mensejahterakan rakyat Trenggalek. Potensi alam yang ada diTrenggalek merupakan potensi besar dan tidak semua daerah memilikinya. Potensi wisata alam yang alami tersebut saya nyakin bisa dikembangkan menjadi wisata potensial yang tidak kalah dengan gua buatan,tuturnya.
Gua Lowo yang terletak diwatulimo merupakan potensi wisata alam yang tiada tara. Selain merupakan gua terpanjang juga kealamiannya masih tertjaga sampai sekarang. Bagi pengunjung luar daerah untuk mencapai gua, ada dua jalur yang bisa ditempuh. Kalau naik angkutan umum naik dari Kota Trenggalek menuju ke Durenan terus dilanjutkan kemudian mencari angkutan menuju ke Gua Lowo yang terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo.
Gua yang karena kealamiannya, bagi pengunjung yang menyukai supranatural pasti lokasi tersebut menyimpan misteri tersendiri. Seperti penuturan petugas yang tiap hari ada diGua Lowo Mbah adi. Gua lowo menyimpan Energy yang positif bagi para pengunjungnya. Bila pengunjung ada dalam gua Lowo maka bila hatinya bersih dan niat baik ingin menikmati keindahan ciptaan tuhan maka dijamin akan merasakan sensasi hati tenang dan pikiran akan fress.
Penuturan mbah adi juga diamini tokoh desa watulimo Paiman yang saat itu ada dilokasi wisata Gua lowo. Ia menuturkan bahwa manusia secanggih apapun tak akan mungkin mampu membuat gua seperti Gua Lowo ini. Bahkan untuk membangunnya akan menghabiskan anggaran sangat besar. Menurut data yang kami tahu, pada tahun 1984 ada ahli gua dari Perancis, Mr. Gilbert Manthovani dan Dr Robert K Kho yang melakukan survey gua lowo. Dan berdasarkan survey mengatakan bahwa Gua Lowo yang menurutnya sepanjang 2 kilometer itu merupakan gua alam terbesar di Asia Tenggara, bahkan di Asia. Namun karena panjangnya dan fasilitas penerangan didalam, saat ini hanya baru sepanjang 800 Meter dengan 9 (sembilan) ruang utama dan beberapa ruang kecil yang bisa dinikmati. Sementara itu sisa panjang gua yang 1,2 km belum bisa ditembus karena di dasarnya ada sungai sehingga jika air sungai besar akan kewalahan, tuturnya.
Pengembangan obyek wisata seharusnya dikelola dengan manajer yang benar benar mampu mengelola tempat wisata tersebut agar PAD Trenggalek meningkat. Prinsip prinsip pengelolaan obyek wisata harus menjadi dasar dari pengelolaan tersebut. Pemerintah daerah apabila tidak mampu mengelola maka alangkah baikknya bila pengelolaannya diserahkan pihak ketiga atau swasta agar pengembangan wisata bisa maksimalkan PAD tidak seperti pengembangan pariwisata yang terjadi saat ini, pengembangan wisata yang setengah hati. Maksud hati banyak pengunjung yang datang tapi fasilitas yang ada sangat minim. ( rudi )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Edited By : Abib Visual
Copyright © 2013. Awdi Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger